Penentuan Gula Reduksi Luff Schoorl

Luff Schoorl adalah salah satu metode yang di gunakan untuk menentukan gula reduksi dalam bahan pangan. Adapaun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Timbang bahan padat yang sudah dii haluskan atau bahan cair sebanyak 2,5 - 25 g, tergantung kadar gula reduksinya. Lalu masukan kedalam labu takar 100 ml, tambahkan aquades 50nml. tambahkan bubur Al)OH)3 atau larutan Pb-asetat. penambahan bahan penjernih ini di berikan setetes demi setets sampai penetesan dari reagensia tidak menimbulkan kekeruhan lagi. Kemudian tambahkan aquades dampai tanda 100 mi, lalu di saring.
  • Fitrat di tampung dalam labu takar 200 ml. Untuk menghilangkan kelebihan Pb tambahkan Na2CO3 anhidrat atau K-oksalat / Na-oksalat anhidrat atau larutan Nafosfat 8% secukupnya. Kemudian di tambahkan aquades sampai tanda, di gojoq dan di saring. Fitrat bebas Pb bila di tambah K atau Na- oksalat atau Na-fosfat atau Na2CO3 tetap jernih.
  • Ambil 25 ml fitrat bebas Pb yang di perkirakan mengandung 15 - 60 mg gula reduksi dan tambahkan 25 ml larutan Luff Schoorl dalam sebuah erlenmeyer.
  • Buat perlakuan balnko, yaitu 25 ml larutan Luff-Schoorl dengan 25 larutan Aquades.
  • Setelah di tambah beberapa butir batu didih, Erlenmeyer di hubungkan dengan pendingin balik, kemudian dididihkan. Di usahakan mendidih dalam 2 menit. Pendidihan larutan itu lalu di pertahankan hingga 10 menit.
  • Selanjutnya cepat-cepat di dinginkan dan tambahkan 15 ml KI 20% dan dengan hati-hati tambahkan 25 ml H2SO4 26,5%.
  • Yodium yang di bebaskan di titrasi dengan larutan Na-tiosulfat 0,1 N dengan memakai indikator pati sebanyak 2 - 3 ml. Untuk memperjelas perubahan warna pada akhir titrasi maaka sebaiknya indikator pati di berikan pada saat titrasi hampoir berakhir.
Cara perhitungan Gula Reduksi dengan metode Luff Schoorl:
Mengetahui selisih antara titrasi blanko dan titrasi contoh kadar gula reduksi dalam bahan lalu cari menggunakan Tabel Luff Schoorl
Bagikan :
Back To Top