Tujuan Pengolahan Bahan Pangan




Tujuan Pengolahan Makanan. Pengolahan pangan atau pengolahan bahan makanan merupakan proses yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup manusia. Melalui pengolahan pangan, bahan mentah di olah menjadi bahan jadi untuk tujuan pengolahan bahan makanan di konsumsi dan bahan setengah jadi untuk memperpanjang masa simpannya dan agar mudah di olah menjadi bahan jadi yang siap konsumsi. Memang tidak semua bahan pangan perlu diolah terlebih dahulu untuk bisa di makan. Tapi sebagian besar bahan makanan perlu di olah untuk mendapatkan cita rasa, aroma dan penampakan terbaiknya.

Pengolahan bahan makanan mempunyai tujuan penting yang patut di ketahui dan di perhatikan oleh siapa saja terutama mereka yang bekecimpung dalam usaha tata boga untuk memperoleh makanan yang baik, bergizi, higienis dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tujuan pengolahan bahan pangan, diantaranya:

Tujuan pengolahan bahan makanan :

  • Meningkatan kualitas dan memperpanjang masa simpan
  • Agar makanan mudah dicerna oleh tubuh, karena tidak semua bahan paangan bisa di konsumsi dalam keadaan mentah. Misalnya, telur akan lebih baik dicernakan oleh tubuh jika dimakan setengah masak dari pada mentah.
  • Memperbaiki aroma, warna, bentuk, dan tekstur bahan makanan.
  • Meningkatkan gizi makanan, ada sebagian bahan pangan yang nilai gizinya bertambah setelah di masak, contohnya buah tomat. Lycopene pada buah tomat lebih efektif dikonsumsi setelah di masak daripada saat mentah
  • Membebaskan makanan dari jasad-jasad renik dan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

Bagikan :